trend sepatu high heels 2016

Trend Sepatu High Heels 2016

Model yang Akan Jadi
Trend Sepatu High Heels 2016


Sepatu High Heels yang diprediksi menjadi trend 2016 adalah model Chunky, selain penampilannya yang semakin cantik juga memenuhi aspek keamanan dan kenyamanan.


Pengertian Fashion selalu mengacu pada mode pakaian yang sedang “in”. Sehingga seorang wanita disebut fashionable atau modis apabila mampu mengenakan pakaian yang sedang menjadi mode. Mode itu sendiri diciptakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan yang sedang berlaku dan dipasarkan dengan disain yang lebih baru.

Fashion mengalami perubahan secara terus menerus melalui produk yang dihasilkan disainer dan dipasarkan oleh produsen. Meskipun pada suatu saat, ketika para konsumen sudah lupa, mode tersebut akan diulang kembali. Karena pada hakekatnya produsen sangat berkepentingan dengan perubahan-perubahan mode yang menjamin kelangsungan produksi mereka.

Dalam perkembangannya, fashion tidak hanya sebatas pada pakaian, tetapi semakin melebar kepada semua hal yang terkait dengan pakaian wanita. Fashion juga meliputi sepatu, assesoris, tas, ikat pinggang, jam tangan, topi, payung bahkan segala sesuatu yang mungkin digunakan oleh wanita. Sehingga ketika produk-produk tersebut masuk dalam kategori fashion, maka mereka juga memiliki daur hidup yang lebih cepat.

Sepatu wanita adalah salah satu produk fashion yang memiliki segmentasi ekslusif, jenis dan keragaman modelnya mampu menjadikannya sebagai bagian dari busana. Kini sepatu wanita bukan hanya berfungsi sebagai alas kaki, melainkan menjadi salah satu produk fashion yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas penampilan seorang wanita.

Setiap wanita rata-rata memiliki lebih dari sepasang sepatu, hal ini sangat berbeda dengan kaum pria. Pada umumnya pria sudah merasa cukup memiliki sepasang sepatu yang bisa digunakan untuk berangkat bekerja sekaligus bepergian atau menghadiri resepsi pernikahan. Maklum, karena model pakaian pria yang sangat terbatas dibandingkan dengan wanita, maka model sepatunya pun juga mengikuti keterbatasan model pakaiannya.

Karena dalam pemahaman di dunia fashion, sepatu wanita bukan satu-satunya perangkat yang bisa menentukan penampilan seorang wanita secara optimal. Sepatu harus bisa “berkolaborasi” bahkan harus bisa “berkompromi” dengan perangkat fashion lainnya agar secara sinergis bisa menciptakan efek penampilan yang prima bagi seorang wanita. Di segi “internal”-nya, sepasang sepatu juga harus bisa memenuhi tuntutan aspek keamanan dan kenyamanan.

Dunia fashion juga bergerak semakin cepat karena terkorelasi dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan dihasilkan beragam material baru sebagai bahan-bahan kebutuhan pembuatan sepatu. Teknologi juga memberikan dukungan kepada para disainer untuk bekerja lebih cepat dan efisien, sehingga bisa merancang lebih banyak model sepatu wanita. Akibatnya masa daur hidup sebuah model sepatu semakin menjadi lebih singkat, kini semakin banyak sepatu wanita yang dijual tidak saja dengan harga murah, melainkan murah dan berkualitas.

Meskipun pada prinsipnya sepatu wanita memiliki fungsi sebagai alas kaki yang tak berbeda dengan sepatu pria atau sepatu anak-anak, tetapi dalam perkembangannya cenderung menjadi bagian dari busana wanita. Produk-produk sepatu wanita ekslusif yang dirancang oleh rumah mode kelas dunia seperti Gucci, Coco Chanel dan lain-lain menjadi semacam pembenaran. Karena rumah-rumah mode itu pada awalnya hanya mendisain gaun wanita, tetapi pada perkembangannya memandang perlu untuk sekaligus mendisain sepatu-sepatu wanita yang sesuai agar dapat menciptakan penampilan konsumennya secara optimal.

Kini tak hanya para wanita dewasa yang peduli untuk menjaga penampilannya agar tetap prima dan matching, para remaja remaja putri juga bersikap sama, bahkan cenderung kreatif dalam mengkombinasikan pakaian dengan sepatu mereka. Meski lebih banyak membutuhkan sepatu jenis flat atau hak datar sesuai dengan aktivitas dan kecenderungan mereka, jenis sepatu flat untuk remaja memiliki model yang unik dan kreatif. Harganya pun rata-rata terjangkau, sehingga jika mereka ingin membeli sepatu bisa dilakukan dengan menabung uang saku.

Model Chunky diprediksi bakal jadi trend sepatu high heels 2016


Pada abad ke 20 Chunky heels menjadi style yang populer di tahun 1970-an dipakai oleh para selebriti di dunia musik. Para bintang terkenal di saat itu, seperti David Bowie dan anggota The Jackson 5, group bersaudara Michael Jackson sering melakukan show dengan memakai Chunky heels. Model ini pun segera merebak dan menjadi trend di kalangan pria maupun wanita.

Popularitas Chunky heels mulai menurun menjelang dimasukinya tahun 1980. Hadirnya beragam model hig heels dengan style baru yang sempat tenggelam mulai bangkit kembali dan bergiliran menjadi trend di dunia fashion. Meskipun demikian, Model Chunky masih tetap bertahan dan bisa dijumpai di berbagai pasar sepatu tetapi dengan ukuran tumit lebih rendah dan kebanyakan tanpa platform.

Trend sepatu high heels 2016 untuk model chunky sudah mulai nampak sejak hadirnya kembali model tersebut dua tahun yang lalu dengan style yang berbeda dan tidak lagi terkesan sekedar sepatu yang diganjal dengan potongan kayu di bagian tumit. Selain lebih elegan, Chunky heels di era 2015 tidak lagi menjadi sepatu yang didisain untuk pria, tetapi lebih khusus ditujukan untuk segmentasi wanita dan nampaknya pula berpeluang menjadi trend dalam dua tahun mendatang.

Selama ini para pengguna high heels yang ingin memperoleh efek tinggi tetapi kurang menyukai model Wedges karena alasan estetik tidak memiliki pilihan kecuali model Stiletto High Heels atau Cone High Heels. Jika pilihannya jatuh pada Stiletto maka ada kendala yang harus diantisipasi, yaitu memerlukan waktu untuk berlatih lebih dulu sebelum terbiasa memakainya keluar rumah karena top heelnya yang rata-rata berdiameter kurang dari 1 Cm beresiko sangat tinggi. Selain itu pengguna harus siap mengalami gangguan kesehatan kaki, mulai dari ujung jari kaki hingga ke pinggul.

Alternatifnya adalah menjatuhkan pilihan kepada Cone Heels. Meskipun demikian bukan berarti menjadi pilihan yang tidak memiliki resiko. Cone high heels pada umumnya didesain dengan top heel lebih kecil, sehingga resiko itu tetap ada. Pilihan untuk meminimalisir resiko adalah pada Banana High Heels atau Round Heels, submodel Cone Heels yang memiliki top heel paling luas bahkan mendekati top heel milik Chunky.

Memasuki bulan Oktober 2015 bertepatan dengan dimulainya musim gugur sampai berakhirnya musim dingin di minggu ketiga Maret 2016, banyak rumah mode kelas dunia menawarkan trend Chunky dalam aplikasi mid heels. Kehadiran Chunky sebenarnya tidak banyak berbeda dengan hak sepatu pria yang banyak dipakai sehari-hari, seperti misalnya pentofel, oxford atau ankle boots.

Ciri khas tumit Chunky dari seat heel sampai top heel memiliki bentuk dan ukuran yang sama besar. Ciri ini tidak nampak apabila diaplikasikan untuk jenis flat dengan batas tinggi hak maksimum 3,50 Cm, bahkan juga jika diaplikasi untuk low heels karena untuk ukuran tumit sepatu orang dewasa secara visual ukuran hak tersebut tidak membentuk bidang segi empat yang khas Chungky.

Didasarkan pada pertimbangan dari berbagai aspek, Chunky dengan ukuran heel antara low dan middle sebenarnya merupakan pilihan terbaik. Tetapi mengapa banyak wanita yang menyukai high heels atau sedikitnya mid heels yang selain mengandung resiko tinggi juga kurang nyaman digunakan ? Masalahnya karena semata-mata lebih cenderung pada pertimbangan aspek fashion.

Penampilan seorang wanita dengan kaki jenjang adalah salah satu mindset tentang kecantikan yang dianut oleh banyak orang. Tidak semua wanita memiliki penampilan tersebut, tetapi high heel bisa memberikan solusi meskipun di sisi lain juga menuntut resiko dan konsekuensi. Nampaknya, sampai di abad modern masih banyak wanita yang belum memahami inner beauty dan pentingnya memelihara kesehatan.

Karena itu, high heels masih menjadi prioritas pilihan, meskipun secara jujur para penggunanya mengakui bahwa secara fisik memakai sepatu tersebut memang menimbulkan rasa sakit terutama pada jari-jari kaki. Selain itu, disadari atau tidak mereka telah meneken kontrak untuk rela terjungkal dan jadi tontonan orang banyak.


Tags : trend-sepatu-high-heels-2016

Artikel terkait dengan “Trend Sepatu High Heels 2016” :

Produk Fashion Wanita Ini Wajib Dimiliki
Apa Definisi Dan Bagaimana Pengertian Fashion Sebenarnya ?