Trend Dunia Fashion

Dunia Fashion
Perkembangan Dunia Fashion Indonesia

Dunia fashion Indonesia di Era Global tidak ketinggalan dengan perkembangan fashion internasional, selain berkat kecanggihan teknologi informasi juga karena citarasa fashion wanita Indonesia cukup tinggi.


Meskipun termasuk negara yang sedang berkembang, tetapi di bidang fashion para wanita Indonesia memiliki selera dan wawasan fashion bertaraf internasional. Hadirnya berbagai produk dengan merk-merk internasional di pasar fashion mengindikasikan bahwa setidaknya wanita Indonesia memiliki selera yang sama dengan konsumen dari negeri asal produk tersebut.

Trend fashion tersebut tidak hanya menjangkiti para wanita kalangan atas, bahkan kalangan bawah pun juga mengkonsumsi produk serupa. Tetapi, tentu saja tak sama karena berupa reproduksi yang dibuat oleh para perajin lokal, misalnya sepatu atau tas. Ironisnya, banyak perajin yang memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk menghasilkan kualitas setara produk aslinya.

Tidak hanya masuknya produk fashion dari negara-negara yang dikenal sebagai pusat mode dunia, juga para desainer muda Indonesia mulai merambah dunia fashion internasional melalui ajang Jakarta Fashion Week (JFW) yang diselenggarakan setiap tahun. Selain bertujuan merangsang tumbuhnya industri fashion, JFW juga menjaring para desainer muda untuk dipersiapkan menampilkan kreasi mereka di panggung fashion internasional di kota-kota pusat mode dunia sepeti Milan, Paris, London dan New York.

Untuk merealisasikan ambisi tersebut JFW bekerjasama dengan Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta British Council. Kemudian mereka mendatangkan para pakar Centre of Fashion Enterprise (CFE), sebuah lembaga pengembangan bisnis ternama berpusat di London, Inggris, yang  terlibat dengan berbagai brand dan desainer di industri mode dunia. Para pakar dari CEF ini diminta menggelar work shop untuk desainer-desainer muda yang bakal menjadi andalan industri fashion tersebut.

Desainer yang memiliki nilai terbaik selanjutnya akan tampil di panggung JFW 2013 serta meraih kesempatan tampil di panggung mode London. Mencermati pasar fashion dan potensi para desainer muda di Indonesia, membuat Toby Meadows, konsultan fashion dari CFE dan penulis buku How to Set Up & Run A Fashion Label, menyebutkan bahwa Indonesia bersama dengan Vietnam, India, Nigeria, Cina, dan Turki adalah negara-negara yang disebut sebagai ‘New Money’ berdasarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi atau GDP tahun 2050.

Dikaitkan dengan dimasukinya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di bidang industri fashion, dunia fashion Indonesia cukup memiliki potensi yang menjanjikan, bukan saja “membendung” masuknya produk asing, bahkan menerobos pasar fashion di Asean. Tetapi potensi tersebut harus dikembangkan secara terpadu antara para desainer, pemerintah dan para pelaku bisnis fashion.

Meskipun tidak dipungkiri bahwa trend mode di Indonesia dalam perkembangan dunia fashion banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Tetapi banyak desainer lokal yang mengaplikasikan kekayaan budaya nasional ke dalam karya mereka. Karena budaya khas Indonesia itulah yang pada hakekatnya menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk kompetitor.

Dunia Fashion
Dunia fashion di Indonesia mengkreasikan bahan daur ulang menjadi busana

Sementara itu gejolak fashion di dalam negeri juga ditandai oleh gencarnya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar berbagai fashion show. Mulai dari fashion yang memperagakan busana berbahan batik khas Banyuwangi sampai yang paling unik Green & Recycle Fashion, yakni fashion show yang menampilkan busana dari bahan daur ulang. Fenomena yang belum pernah ada selama ini mengindikasikan tumbuhnya kepedulian dan kesadaran masyarakat di daerah terhadap fashion.

Dunia Fashion
Dunia fashion Indonesia, penampilan salah seorang peserta Green & Recycle Fashion

Dunia fashion di Indonesia memiliki back-up keberagaman budaya sebagai modal keunggulan produk dibandingkan dengan negara-negara lain. Masalahnya, diperlukan sinergi yang kuat dari pihak-pihak yang terkait dengan dunia fashion untuk mengembangkan dan memasarkannya di pasar global.